Tentang CLEAR

Center for Legislacy, Empowement, Advocacy, and Research yang selanjutnya disebut CLEAR adalah lembaga sosial yang bersifat independen dan bergerak dalam bidang kajian dan penelitian. Sejak didirikan pada tanggal 31 Juli 2009 silam di Jakarta, CLEAR memiliki fokus kajian dengan ruang lingkup legislasi dan peningkatan sumber daya manusia di bidang hukum. Secara struktural CLEAR merupakah salah satu unit kerja dibawa yayasan PALAPPA dengan pendirian akta notaris Nomor: C-06.HT.03.01-Th.2006, Tanggal 7 Februari 2006.

Dalam langkah kontributifnya, selain penelitian CLEAR juga berpartisipasi langsung dalam melakukan advokasi bagi para pencari keadilan (justitiabelen), serta berfungsi pula sebagai sarana sumbangsih pemikiran untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang beradab, berbudi pekerti luhur, berpendidikan, berwawasan, sebagai sarana untuk mendorong meningkatkan kesadaran hukum, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan dari CLEAR adalah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berwawasan luas, berbudaya nusantara, mandiri, sejahtera lahir dan batin serta mewujudkan negara yang bersih, adi dan demokrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Sasaran CLEAR adalah melakukan kajian ilmiah untuk memberikan suatu pandangan terhadap peningkatan peran Lembaga Eksekutif agar terwujudnya good governance, mendorong peran lembaga legislatif dalam menjalankan fungsi pengawasan, legislasi dan anggaran, serta mendorong peningkatan integritas lembaga Yudikatif dalam peradilan yang bersih dan membangun Civil Society yang sadar akan hak dan tanggungjawabnya sebagai warga negara.