Profil Pengurus

Chairman

Gandjar Laksmana Bonaprapta

Gandjar Laksmana Bonaprapta, S.H., M.H. adalah dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, sehari- hari mengasuh mata kuliah Hukum Pidana, Tindak Pidana Korupsi, dan Tindak Pidana Ekonomi. Pecinta olah raga sepak bola dan bersepeda ini kerap diminta pendapatnya oleh berbagai lembaga penegak hukum serta media massa maupun elektronik. Pengetahuannya yang luas dan mendalam dibalut dengan gaya komunikasinya yang sangat enerjik seringkali membuat masyarakat tersentak, selain itu beliau juga sering mengisi materi ilmiah mengenai topik pidana kontemporer maupun menjadi pengajar di Komisi Pemberantasan Korupsi. Pria kelahiran Pekalongan ini adalah orang yang berintegritas tinggi dan menjunjung tinggi nilai-nilai akademis.

 

Supervisor

Abdul Salam

Abdul Salam, S.H., M.H. Dosen Hukum Keperdataan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Mendapat gelar sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2002 dan kemudian mendapat gelar magister hukum di universitas yang sama pada tahun 2007. Pembelajar yang selalu belajar ini juga aktif dalam kegiatan Penelitian dalam hukum keperdataan dan cyberlaw. Disamping itu beberapa kali juga mengisi berbagai seminar sebagai pemakalah baik dalam negeri maupun luar negeri serta instruktur dalam pelatihan hukum. Dia adalah pembaca buku-buku hukum, dan memiliki minat yang mendalam dalam penelitian hukum dan pendidikan.

 

Researcher

Rafli Fadilah Achmad

Rafli Fadilah Achmad, S.H. Bergabung di Center for Legislacy, Empowerment, Advocacy dan Research (CLEAR) pada Januari Tahun 2015. Lulus di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan program kekhususan hukum tata negara dengan rentang waktu 3.5 Tahun. Selama di Universitas Indonesia, Rafli tergolong sebagai salah satu mahasiswa yang sangat aktif dibidang kemahasiswaan, pertama dia memulai karirnya di BEM UI sebagai staf aksi dan propaganda, kemudian menjadi Vice Project Officer dari Simposium Hukum Nasional tahun 2013, dan puncaknya menjadi Hakim Konstitusi Mahkamah Mahasiswa Universitas Indonesia tahun 2014 dan komisioner Pengawas Pemira Universitas Indonesia 2015. Selain itu Rafli juga tercatat memperoleh beberapa penghargaan dan prestasi seperti Juara 1 Constitutional Drafting Padjajaran Law Fair dan Quarter Finalist Lomba Debat Mahkamah Konstitusi tingkat nasional. Rafli bercita-cita suatu hari nanti dia dapat berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan hukum di Indonesia dengan terlibat masuk ke dalam sistem dengan menjadi Hakim PTUN.

 

Adrianus Eryan

Adrianus Eryan, S.H. Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Mengambil peminatan Hukum Lingkungan dengan skripsi mengenai gugatan terhadap kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan. Adri dikenal sebagai mahasiswa yang cukup pendiam namun memiliki etos kerja yang tinggi terutama dalam bidang desain grafis dan teknologi. Berbagai kepanitiaan yang pernah ditanganinya antara lain Simposium Hukum Nasional 2014, Farewell FHUI 2014, dan Pekan Raya Kopma 2015, seluruhnya sebagai penanggung jawab desain dan produksi. Juga pada Pemilu FHUI 2015 sebagai koordinator teknis E-Vote. Selain bergabung dengan CLEAR, pada tahun 2016 ia juga diamanahkan sebagai Kepala Divisi Mooting Law Student’s Association for Legal Practice (Lasale FHUI) dan Wakil Koordinator Presidium Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Indonesia untuk kepengurusan 2016. Sosok yang menyukai alam, gemar mendaki gunung, dan pecinta seni terutama menggambar serta bermain gitar.

 

Firman Adi Prasetyo

Firman Adi Prasetyo, S.H. Lahir di Singkawang, Kalimantan Barat tanggal 29 Agustus 1995. Firman merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dan berdomisili di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini sedang menempuh pendidikan program sarjana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, semester 8, dan mengambil peminatan Hukum Perburuhan. Semasa SMA aktif sebagai pengurus OSIS di SMAN 3 Malang dan saat kuliah menjadi Staf Bidang Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia di Lembaga Kajian dan Keilmuan (LK2) FHUI. Bagi Firman, CLEAR merupakan tempatnya pertama kali merasakan dunia kerja sehingga iapun ingin mengembangkan diri bersama-sama dan banyak berkontribusi dalam kemajuan CLEAR.

 

Dwi Setyani Hanindita

Dwi Setyani Hanindita, S.H. Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan mengambil fokus Hukum Pidana. Selama menjadi mahasiswa, Dita juga aktif dalam beberapa kegiatan kemahasiswaan seperti menjadi Bendahara Internal Simposium Hukum Nasional 2014, Wakil Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FHUI 2015, dan Sekretaris Pengenalan Sistem Akademik FHUI 2016. Selain itu Dita juga aktif menulis beberapa tulisan fiksi, yang sempat dimuat di logikarasa.com dan pernah menjadi kontributor terpilih untuk website cerita-kita.com. Sebelum bergabung menjadi peneliti di CLEAR, Dita juga pernah menjadi peneliti di Start Up Legal Clinic yang berfokus dengan isu hukum dalam perusahaan start up di indonesia.

 

Ilma Sulistyani

Ilma Sulistyani lahir di Magelang, 12 Januari 1996. Ilma berdomisili di Semarang dan saat ini merupakan mahasiswi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, angkatan 2014, dan sedang menempuh semester 6. Ilma aktif sebagai pengurus Indonesian Law Debate Society (ILDS FHUI), seringkali mengikuti lomba debat mewakiliki almamater dengan prestasi antara lain Juara 3 Lomba Debat Airlangga Law Competition 2016 dan Juara 1 Lomba Debat Mahkamah Konstitusi Tingkat Regional Barat Tahun 2016. Ilma sendiri bergabung di CLEAR untuk menjadikan dirinya lebih produktif dan substantif, mencari pengalaman dan relasi, serta meningkatkan kemampuan risetnya khususnya dalam ranah hukum dan permasalahan faktualnya. Hal ini akan sangat berguna karena dirinya bercita-cita menjadi Lawyer atau Enterpreneur.

 

Boghi Megananda

Boghi Megananda adalah mahasiswa semester 6 yang saat ini sedang menempuh pendidikan program sarjana di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Aktivitas yang dilakukannya di luar bangku perkuliahan antara lain menjadi Junior Researcher di Center for Legislacy, Empowerment, Advocacy, and Research (CLEAR) dan aktif di bidang Penelitian Lembaga Kajian Keilmuan (LK2) FHUI. Terkait dengan cita-cita, tentunya dengan berpendidikan hukum dan serangkaian aktivitas penelitian yang ia lakukan, Boghi ingin menjadi seorang Advokat. Besar harapannya untuk CLEAR ke depannya sebagai wadah yang mampu membuat pergerakan dan pembaharuan dalam dunia hukum Indonesia.